-
-

Speech Delay Pada Anak

Speech Delay Pada Anak
Permasalahan pada perkembangan bicara, dalam hal ini speech delay, merupakan permasalahan yang cukup penting. Permasalahan pada perkembangan bicara sering kali mempengaruhi anak khususnya dalam bidang akademik karena bermasalahnya perkembangan bicara secara tidak langsung akan menyulitkan anak untuk belajar mengeja dan membaca dimana membaca adalah keterampilan dasar yang harus dikuasai anak untuk bersekolah. Selain itu, anak yang memiliki kesulitan dalam berbicara juga biasanya memiliki masalah pada aspek sosial. Anak yang tidak lancar berbicara seringnya tidak ditemani oleh teman-temannya karena anak lain tidak dapat mengerti pembicaraan teman-temannya.

Seorang anak dikatakan memiliki speech delay ketika kemampuan bicaranya jauh dibawah rata-rata anak sebayanya. Ketika berbicara mengenai speech delay sebaiknya disinggung juga mengenai speech disorder Harus dibedakan antara speech delay dengan speech disorder. Speech disorder merajuk kepada kemampuan bicara anak yang tidak berkembang seperti berkembangnya kemampuan bicara anak pada umumnya, sedangkan pada speech delay kemampuan bicara anak masih dapat berkembang seperti anak pada umumnya hanya saja waktunya lebih lambat daripada anak pada umumnya.

Primary speech delay adalah sebuah kondisi dimana penyebab dari speech delay ini tidak diketahui, sedangkan secondary speech delay adalah speech delay yang disebabkan oleh kondisi lain seperti autisme, kecacatan pada pendengaran, permasalahan perkembangan secara umum, dan kecacatan sistem saraf. Penyebab dari speech delay ini tentu saja penting untuk diketahui karena akan berhubungan dengan bagaimana speech delay ini akan ditangani nantinya.


-
Tanda-tanda Speech Delay pada anak
  1. Tidak merespon terhadap suara
  2. Adanya kemunduran dalam perkembangan
  3. Tidak memiliki ketertarikan untuk berkomunikasi
  4. Kesulitan dalam memahami perintah yang diberikan
  5. Mengeluarkan kata-kata atau kalimat yang tidak biasa seperti anak-anak pada umumnya.
  6. Berbicara lebih lambat dari pada anak seumurannya
  7. Perkataan sulit dimengerti bahkan oleh keluarganya sendiri
  8. Kesulitan memahami perkataan orang dewasa.
  9. Kesulitan berteman, bersosialisasi yang mengikuti permainan.
  10. Kesulitan dalam belajar mengeja, bahasa bahkan matematika

Anak yang memiliki speech delay kemungkinan besar tidak memiliki banyak kesempatan untuk berlatih bicara, hal ini mungkin terjadi apabila orang tua atau pengasuh tidak merangsang anak untuk bicara. Anak lebih banyak dibiarkan beraktifitas sendiri atau beraktifitas yang pasif seperti menonton tv atau bermain games. Faktor selanjutnya adalah motivasi, anak yang tidak termotivasi untuk berbicara biasanya adalah anak yang dapat terpenuhi kebutuhannya tanpa harus memintanya secara lisan. Faktor terakhir yang cukup penting adalah anak tidak mendapatkan bimbingan yang benar, contohnya tidak ada model yang baik, anak tidak dapat memahami pembicaraan atau perkataan yang dikatakan pengasuhnya dan anak tidak mendapatkan penguatan secara positif atau negatif dari pengasuh.

Penyebab lain yang juga masih berhubungan dengan faktor-faktor diatas adalah digunakannya lebih dari satu bahasa dalam pengasuhan anak tersebut. Pemakaian lebih dari satu bahasa apabila tidak direncanakan dengan baik cenderung akan membuat anak menjadi bingung dan menjadi enggan untuk mempraktekan bahasa-bahasa tersebut. Kebingungan anak juga dapat mengacaukan pemahaman anak akan makna bahasa itu sendiri sehingga penempatan bahasa anak akan menjadi kacau. Setelah terlihat adanya tanda-tanda speech delay pada anak, perlu dipastikan apakah anak benar-benar memiliki speech delay atau tidak, untuk mengetahuinya ada beberapa intervensi yang dapat dilakukan dan anak yang memiliki speech delay akan mendapatkan treatment yang tepat nantinya. Source :
Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda, P. (2021). Mengenali dan Menangani Speech Delay pada Anak. Jurnal al-Shifa Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 102-110.
Artikel Menarik Lainnya
Galau Untuk Menghangatkan ASIP? Ikuti Cara Ini Yuk Bund!
Galau Untuk Menghangatkan ASIP? Ikuti Cara Ini Yuk Bund!Untuk menjaga jangka waktu hidup ASI perah, biasanya ASI tersebut tersebut akan didinginkan atau bahkan dibekukan di dalam freezer khusus. Kemudian perlu dihangatkan kembali sebelum diberikan pada
Payudara Kecil Bikin Produksi ASI Semakin Sedikit? Cek Dulu Yuk!
Payudara Kecil Bikin Produksi ASI Semakin Sedikit? Cek Dulu Yuk!Perubahan tubuh ibu hamil yang paling terasa di awal kehamilan bukanlah pada bentuk perut melainkan payudaranya. Setuju tidak Bund? Payudara besar saat hamil merupakan salah satu perubahan fisik
`Perlihatkan Lagi
-
-
Hubungi Kami
Jl. Gadung, Jel. Gadung, Kec. Driyorejo, Kab Gresik,Prov Jawa Timur.



Phone: +62 896 6848 1993
Email: yummysasibooster@gmail.com
Media Sosial
@Copyright 2022 Yummys Motherlacto indonesia