-
-

Gerakan Tutup Mulut Pada Anak

Gerakan Tutup Mulut Pada Anak
Gerakan Tutup Mulut atau lebih dikenal dengan istilah GTM yaitu kesulitan makan atau menolak makan yang seringkali dialami anak pada tahun pertama. Penyebab GTM yang lain adalah komposisi yang diberikan atau dikenalkan pada bayi tidak adekuat, tekstur yang tidak sesuai dan cara pemberian makanan pendamping air susu ibu yang tidak tepat.

Feeding rules adalah aturan dasar pemberian makan. Aturan dasar pemberian makan ini harus diperhatikan selama proses pemberian makan. Feeding rules menurut WHO meliputi: jadwal, lingkungan, dan prosedur makan. Jadwal makan menurut WHO sehari meliputi adanya jadwal makan utama, dan makan selingan yang teratur, serta durasi makan maksimal 30 menit. Anak tidak diberi air minum kecuali hanya disela makan utama. Lingkungan saat makan yang mendukung akan tercipta kebiasaan makan yang baik tanpa adanya paksaan. Tidak ada distraksi saat makan,misalnya TV, game, mainan, atau permainan yang lain. Serta tidak adanya hadiah bila anak telah makan. Prosedur saat makan dengan mendorong anak untuk makan sendiri, menawari anak tanpa ada paksaan, bila setelah 10-15 menit anak tetap tidak mau makan, akhiri proses makan. Faktor yang mempengaruhi problem perilaku makan pada anak yang paling dominan yaitu jadwal makan. Orang tua yang memiliki anak yang malas makan (fussy eaters) dengan menggunakan strategi monitoring, anak mengkonsumsi lebih sedikit sayur dan buah dibanding anak yang tidak malas makan. Sedangkan ketika menggunakan strategi membatasi terhadap makanan tertentu, anak mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Hal ini berimplikasi pentingnya mengatur dan memanage lingkungan dan makanan.


-
Problem perilaku makan yang sering dihadapi para ibu yaitu perilaku usil saat makan, hanya mau makan tertentu, menyimpan lama makanan di mulut, pilih-pilih makanan, tidak mau mencoba makanan baru, memuntahkan makanan, gerakan tutup mulut/tidak mau makan Anak usia dini melakukan respon memuntah makanan ketika tidak menyukai makanan yang disuapkan ke mulutnya. Berbagai alasan kenapa anak tidak menyukai makanan karena rasa, tekstur, dan aroma. Problem perilaku makan anak dipengaruhi apakah oleh tipe kepribadian, atau gaya kognitif orang tua, temperamen dan nafsu makan anak. Sedangkan transmisi perilaku malas makan (fussy eating behavior) berkorelasi secara langsung terhadap faktor genetik. Sebagai contoh orang tua yang malas makan sayur, anak juga mengalami hal yang sama yaitu susah makan sayur. Usaha yang telah dilakukan ibu dalam mengatasi problem perilaku makan pada anak diantaranya menggunakan berbagai strategi dalam memberi makan, mengatur dan memanajemen waktu makan (Mealtime structured), dan memberi vitamin/suplemen penambah nafsu makan.

Pada anak sulit makan mengalami gangguan oral motor yang mengakibatkan gangguan mengunyah dan menelan sehingga mereka akan pilih-pilih atau menolak makanan dengan tekstur tertentu terutama yang berserat seperti sayur, daging sapi atau nasi. Gangguan oral motor biasanya sering disebabkan karena gangguan fungsi saluran cerna seperti alergi atau intoleransi makanan lainnya. Alergi atau gangguan genetik lainnya seringkali diturunkan oleh salah satu orang tuanya. Jadi bila salah satu orang tua mempunyai masalah kesulitan makan maka hal tersebut dapat diturunkan pada anak bukan karena anak meniru pola makan orang tua tetapi karena masalah itu diturunkan secara genetik.
Source :
Chumairoh, N. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Feeding Rules pada Balita Gerakan Tutup Mulut (GTM). CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal, 1(3), 148-154.

Priyanti, S. (2013). Pengaruh Perilaku Makan Orang Tua Terhadap Kejadian Picky Eater (Pilih-Pilih Makanan Pada Anak Toddler Di Desa Karangjeruk Kecamatan Jatirejo Mojokerto. Medica Majapahit, 5(2).

Rifani, R., & Ansar, W. Faktor Penyebab Perilaku Makan Pada Anak. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Artikel Menarik Lainnya
Galau Untuk Menghangatkan ASIP? Ikuti Cara Ini Yuk Bund!
Galau Untuk Menghangatkan ASIP? Ikuti Cara Ini Yuk Bund!Untuk menjaga jangka waktu hidup ASI perah, biasanya ASI tersebut tersebut akan didinginkan atau bahkan dibekukan di dalam freezer khusus. Kemudian perlu dihangatkan kembali sebelum diberikan pada
Payudara Kecil Bikin Produksi ASI Semakin Sedikit? Cek Dulu Yuk!
Payudara Kecil Bikin Produksi ASI Semakin Sedikit? Cek Dulu Yuk!Perubahan tubuh ibu hamil yang paling terasa di awal kehamilan bukanlah pada bentuk perut melainkan payudaranya. Setuju tidak Bund? Payudara besar saat hamil merupakan salah satu perubahan fisik
`Perlihatkan Lagi
-
-
Hubungi Kami
Jl. Gadung, Jel. Gadung, Kec. Driyorejo, Kab Gresik,Prov Jawa Timur.



Phone: +62 896 6848 1993
Email: yummysasibooster@gmail.com
Media Sosial
@Copyright 2022 Yummys Motherlacto indonesia