-
-

TIPS ATASI SIKECIL REWEL SAAT MUDIK

TIPS ATASI SIKECIL REWEL SAAT MUDIK
Masa balita sampai anak-anak cenderung lebih mudah merasa bosan, perjalanan panjang saat mudik bisa membuat anak lelah dan menjadi tantrum. Tantrum merupakan luapan amarah atau frustasi anak yang dapat ia tunjukkan lewat tangisan kencang, menjerit, melempar barang, memukul, hingga berguling-berguling di lantai. Kondisi ini disebabkan oleh keterbatasan anak untuk mengekspresikan perasaannya, hal ini terjadi ketika sikecil merasa lapar, lelah, bosan, & stress. Pada usia bayi, anak biasanya akan tidur dan tenang bila kenyang serta merasa nyaman. Bunda dapat mencoba memenuhi keduanya, agar anak dapat tidur selama perjalanan mudik, selain itu ada beberapa tips lain bagi bunda agar tetap tenang ketika sikecil rewel saat perjalanan.

1. Buat Suasana Mudik yang Nyaman
Dalam perjalanan mudik biasanya gerah, panas dan bau sering kali terjadi, hal ini bisa menjadi penyebab sikecil merasa tidak nyaman saat di perjalanan. Tipsnya pilihlah mode transportasi yang ramah anak dan menyediakan fasilitas khusus untuk sikecil.Pilihlah jalur yang singkat serta banyak lokasi peristirahatan agar anak dapat buang air, bermain, dan melakukan peregangan. Dan ciptakan juga suasana menyenangkan selama perjalanan, seperti mendengarkan sikecil lagu-lagu yang riang agar tidak gelisah.
2. Persiapkan kebutuhan anak
Persiapkan se mua kebutuhan utama dan darurat dengan baik. Misalnya, makan dengan tepat waktu di jam makan meski dalam perjalanan. Makanan pendamping ASI (MPASI) juga dapat dibawa untuk bayi berusia 6-12 tahun.Pastikan juga anak dapat tidur dengan nyaman di dalam perjalanan, tetap pastikan popok bagi balita juga harus diganti rutin. Dan sediakan obat-obatan untuk sikecil.Bila semua kebutuhan sikecil terpenuhi selama perjalanan sikecil akan merasa nyaman dan tidak mudah rewel.
3. Bawa Mainan Favorit
Pastikan aktivitas atau permainan yang dilakukan dapat membuat anak senang ketika mudik. Misalnya membacakan buku cerita kepada anak, memberikan nya buku gambar, atau permainan papan. Aktivitas ini dapat mengalihkan perhatian sikecil selama perjalanan mudik.
4. Jaga Suasana Hati
Suasana hati pada anak sering kali berubah-ubah, karena pada usia yang masih muda seorang anak masih susah untuk mengendalikan emosinya. Suasana hati anak juga bergantung pada suasana hati orang tua, maka dari itu bunda juga harus bisa tenang dan tidak panik jika menghadapi kondisi darurat.
5. Mengusap dan Memijat sikecil
Perjalanan yang jauh akan membuat siapa pun merasa lelah hal itu juga terjadinya pada anak-anak dan balita, perasaan seperti ini akan berujung rewel karena tidak enak badan.Cara mengatasi nya bisa dicoba dengan mengusap dan memijat lembut area punggung sikecil dengan lembut. Dengan begitu, bayi merasa tenang sekaligus mengurangi ketidaknyamanan. Bunda bisa mengoleskan minyak telon yang memiliki sensai hangat, sehingga tubuh bayi jadi rileks dan mudah tidur dengam nyaman.
Dengan persiapan yang matang dan pengertian yang cukup, mudik dengan anak kecil bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Semoga dengan beberapa cara diatas bunda tidak mudah panik dan dapat membantu anak agar tidak rewel selama perjalanan mudik, sehingga semua orang bisa menikmati momen bersama dengan lebik baik.

Artikel Menarik Lainnya
Galau Untuk Menghangatkan ASIP? Ikuti Cara Ini Yuk Bund!
Galau Untuk Menghangatkan ASIP? Ikuti Cara Ini Yuk Bund!Untuk menjaga jangka waktu hidup ASI perah, biasanya ASI tersebut tersebut akan didinginkan atau bahkan dibekukan di dalam freezer khusus. Kemudian perlu dihangatkan kembali sebelum diberikan pada
Payudara Kecil Bikin Produksi ASI Semakin Sedikit? Cek Dulu Yuk!
Payudara Kecil Bikin Produksi ASI Semakin Sedikit? Cek Dulu Yuk!Perubahan tubuh ibu hamil yang paling terasa di awal kehamilan bukanlah pada bentuk perut melainkan payudaranya. Setuju tidak Bund? Payudara besar saat hamil merupakan salah satu perubahan fisik
`Perlihatkan Lagi
Bumil Boleh Puasa Gak Sih?Yuk Kita Bahas. . Bumil boleh puasa gak sih? Yuk kita bahas Menjelang Ramadhan, pasangan yang tengah menantikan momongan acapkali bertanya-tanya, boleh tidaknya ibu hamil menjalankan puasa.Seperti diketahui, hukum Islam menyebutkan bahwa ibu hamil dan ibu menyusui boleh tidak berpuasa selama Ramadhan.Ibu hamil dan menyusui bisa mengganti ibadah puasanya dengan membayar fidyah sesuai jumlah hari puasa yang terlewatkan.Namun, terkadang ada sejumlah ibu hamil yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa.Lantas, bagaimana pertimbangannya dari sudut pandang kesehatan? Simak penjelasan berikut.Dari kacamata kesehatan, boleh tidaknya ibu hamil menjalankan ibadah puasa sebaiknya didiskusikan dengan dokter atau bidan yang menangani.Dokter atau bidan biasanya memberikan lampu hijau bagi ibu hamil untuk berpuasa apabila kondisi fisik ibu hamil dan janin dalam kandungan prima dan tahap kehamilan masih memungkinkan.Sebaliknya, ibu hamil umumnya tidak dianjurkan puasa apabila ada potensi komplikasi yang
Yuk Bun Lakukan Pijat ILU Bila Si Kecil Rewel Tengah Malam!. .   Beberapa bunda mungkin kebingunan dan panik bila sikecil tiba-tiba rewel, menangis, sulit makan, dan sulit tidur. Sebagian besar masalah terjadi karena perut keras atau kembung, bunda tidak perlu khawatir. Pijat ILU bisa bunda lakukan untuk atasi perut kembung pada sikecil:   Sebelum melakukan pijat ILU, pastikan suhu ruangan cukup hangat dan buatlah suasana senyaman mungkin agar sikecil merasa tenang dan nyaman. Gerakan Membentuk Huruf I. Gunakan minyak yang terbuat dari bahan alami, seperti essential oil yang dapat menghangatkan dan menenangkan sikecil. Tuangkan setetes minyak dan gosok-gosokan di kedua telapak tangan.Letakkan telapak tangan di perut atau di bagian bawah pusar bayi agar efektif bekerja pada usus bayi. Bentuklah huruf I di perut bayi dengan mengelus menggunakan tekanan sedang dari bawah tulang rusuk kiri sampai ke depan tulang pinggul kali sebanyak 10 kali. 2. Gerakan Membuat Huruf L. Dari bagian atas pusar, usap dari kiri ke kanan lalu ke arah bawah
-
-
Hubungi Kami
Jl. Gadung, Jel. Gadung, Kec. Driyorejo, Kab Gresik,Prov Jawa Timur.



Phone: +62 896 6848 1993
Email: yummysasibooster@gmail.com
Media Sosial
@Copyright 2022 Yummys Motherlacto indonesia